Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Merawat Baterai Hp

Hand Phone (Hp) memang bukan barang mewah lagi, karena di zaman ini sudah sangat banyak orang yang menggunakan Hp. Tidak hanya mereka para pekerja, anak-anak sekolah pun sudah menggunakan Hp. Bahkan kalangan menengah ke bawah (tukang ojeg, pedagang asongan, hingga pengamen sekalipun). Namun pernahkah kamu berpikir bagaimana cara merawat baterai Hp secara benar, sehingga kualitas Hp tetap awet? Tips merawat Hp memang sangat penting karena bagaimana pun canggihnya hp kamu, dan secanggih apapun softwarenya, kalau baterainya drop akan susah juga. Dampaknya pun akan sangat merugikan, seperti bisnis yang melayang, konflik yang muncul karena masalah sepele saat telepon, gebetan pindah ke lain hati. Berikut beberapa tips merawat hp, yakni:

1. Jika kamu sedang menge-cash baterai, sebaiknya Hp dalam keadaan mati. Jika Hp menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memori effect pada baterai. Apalagi saat kita menge-cash, lantas ponsel digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

2. Kurangi menerima atau menelepon di dalam mobil. Karena pada saat itu Hp berusaha keras mencari sinyal dari BTS terdekat. Ketika kamu bergerak menjauh dari BTS, maka pada saat itu Hp berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kamu melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.

3. Saat akan menge-cash baterai Hp, sebaiknya Hp di keluarkan dari leather case / sarung / kondom karena penge-cashan baterai dapat menimbulkan panas yang bisa saja dapat menyebabkan umur ponsel dan baterai kamu menurun.

4. Jangan sering-sering chargering di mobil. Saat mengisi baterai dalam kendaraan, kamu menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai.
Jika umur baterai telah lebih dari enam bulan, maka sering-seringlah membersihkan pin dan connector baterai dengan cotton bud atau tisu.


5. Matikan fungsi-fungsi yang tidak penting dan tidak perlu untuk di gunakan. Misalnya Bluetooth, kamera aktif, vibrate, GPRS, sering menyalakan led badan ponsel, screensaver yang cepat, mengaktifkan backlight siang hari, sering buka tutup sliding, dan multitasking.
Berhematlah saat kamu mengaktifkan MP3, radio, Bluetooth dan bermain games.
Jangan biasakan menggunakan Hp di dalam kamar mandi. Karena bisa jatuh dan rawan kena air.


6. Jangan biasakan meletakkan Hp di saku baju depan tanpa tali hp, karena bisa jatuh kalau lagi membungkuk. Juga jangan di saku celana depan, karena kata pakar dalam jangka lama, bisa menyebabkan kemandulan.

7. Mohon dijaga dari jangkauan anak kecil, soalnya bisa di banting itu Hp.

So, enggak mau kan Hp kamu terus-terusan nge-drop? Makanya coba ikuti tips di atas tersebut. dijamin bakal awet deh baterai Hp kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar