Selasa, 19 Oktober 2010

Temukan Kunci Diri Sejatimu


Bimbang, ini merupakan satu kata dasar, tapi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan individu seseorang. Jika kebimbangan telah muncul dalam diri, maka perasaan who am I? akan menghampiri. Sesaat perasaan tak mengenali diri sendiri muncul jika kebimbangan menghadang. Sadar atau tidak “rasa ini” pernah melingkupi tiap individu umumnya. Apalagi ketergesaan dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, yang bergerak sangat cepat. Kebimbangan membuat kita lupa akan diri sendiri bahkan terkadang mampu membuat kita lepas kontrol yang tak terkelola. Jika masalah ini sudah muncul, maka segeralah kita mengatasinya untuk membawa kita kembali ke diri sejati. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi kebimbangan yang dapat mengarahkan kita kembali ke diri sendiri dan menemukan kedamaian sejati.


1. Hadir
Hiduplah untuk saat ini. masa lalu biarlah berlalu dan jadikan pengalaman semata. Kita tidak akan pernah dapat kemabli dan mengulang masa-masa itu lagi. Lagipula, kita tidak akan dapat menghidupkan kembali apa yang ada di masa lalu. Hidup ini adalah apa yang sedang kita jalani saat ini, tidak peduli apapun yang terjadi. Itu semua nyata dan sempurna. Jangan menengok ke belakang ataupun memikirkan yang akan terjadi di masa mendatang. Selalu katakan pada pikiran kita bahwa “kamu pasti bisa” atau “terima kasih telah bersedia berbagi dan yakinkan aku di sini, aku ada untukmu”. Setiap hari kita harus mampu memotivasi diri sendiri karena kita adalah “nahkoda” dalam hidup kita sendiri.


2. Bersatu dengan alam
Sejenak duduklah di rerumputan atau di bawah pohon. Nikmati keindahan alam ciptaan Tuhan, rasakan putaran bumi, dinginnya udara yang menghembuskan angin ke tubuh. Tersenyumlah pada langit yang luas, ucapkan salam pada semua ciptaan tuhan. Cara dekat dengan alam seperti ini dapat membawa kesadaran betapa kita bagian dari jagat raya yang maha luas ini.


3. Berolahraga
Berolahragalah secara teratur, hal ini sangatlah penting karena mampu memberi jeda pada pikiran kita yang terus berkecamuk, membantu memperlancar peredaran darah, membersihkan racun dalam tubuh. Pilihlah bentuk olahraga yang kita gemari dan buat perpaduan.


4. Spiritual
Kenali dan sadari bahwa kita adalah pribadi yang penting dan unik. lakukan meditasi atau duduk tenang di kesunyian, dan nikmati saat-saat itu. Bacalah buku-buku keagamaan atau panduan kepribadian yang membawa pesan positif yang membuat kita merasa kuat. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri kesehatan, rumah, kebahagiaan, khususnya orang-orang yang menyayangi kita.


5. Memaafkan
Saatnya untuk melepaskan. Maafkan seluruh bagian diri kita, atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Maafkan semua kesalahan yang pernah kita buat, maupun kesalahan yang orang buat kepada kita. Dengan cara memaafkan mampu membawa kedamaian dalam jiwa.


6. Bersenang-senang
Beri kesempatan pada diri kita untuk merasa rileks dan memanjakan diri. Bacalah buku-buku yang menyenangkan. Keluarkan uang sekali-kali untuk membeli hal yang paling kita inginkan. Lakukan kesenangan hanya untuk diri kita sendiri.


7.Nutrisi
Penuhi kebutuhan tubuh kita dengan makanan yang bernutrisi. Konsumsi vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan tubuh yang sehat dan bugar membuat kita untuk selalu mengahargai hidup.


8. Buang penilaian
Berhentilah menilai dan meyalahkan. Jangan melontarkan kritikan pada orang lain ataupun diri sendiri. Ucapkan kata-kata yang memberi dorongan pada diri dan semua orang yang ada di sekeliling kita. Terima orang lain apa adanya, lengkap dengan segala perbedaan yang mereka miliki.


9. Bantu orang lain
Hubungi dan ulurkan tangan pada teman yang membutuhkan. Tawarkan bantuan tanpa syarat pada orang lain. Jadilah pendengar yang baik dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Temukan solusi untuk membantu masalah yang mereka hadapi.


10. Cinta
Cintai diri kita dan gunakan kata-kata positif untuk memberi dorongan. Puji orang lain dengan tulus dan buat mereka tersenyum. Bicaralah dengan penuh kasih dan ketulusan dari dasar hati.

Kesepuluh kunci kekuatan di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan siapapun. Pelankan sejenak laju hidup kita yang serba cepat dan luangkan waktu untuk melakukan kesepuluh hal tersebut.
Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rubah mindset hidup kita dari sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar