Senin, 19 April 2010

Kiat Sukses Dengan Ide Kreatif

Di kancah yang semakin modern ini semakin banyak saja persaingan dalam dunia kerja. Bahkan, dari realita sekarang ini masih sangat banyak lulusan S1 yang menganggur. Mereka hanya berbekal gelar, tanpa keterampilan. Hal ini, sangat dihindari oleh para mahasiswa pemula. Tidak hanya dalam dunia kerja yang memiliki persaingan. Dalam dunia perkuliahan pun masing-masing kampus menunjukan kredibilitasnya. Maka tak jarang mereka mencari jaringan seluas mungkin, baik secara eksternal maupun internal.

Untuk menanggulangi jumlah pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat, maka pada tahun 2008, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganjurkan untuk meningkatkan perekonomian dari segi kreatifitas. Industri kreatif adalah suatu industri atau lingkungan kerja yang di dasari oleh ide-ide baru dalam diri seseorang. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia), guna menjalankan ide kreatif Presiden tersebut.
Dalam persaingan sangat diperlukan sesuatu yang unik dalam diri salah satunya dengan munculnya ide kreatif seseorang. Seringkali kita merasa sulit atau mandek mencari ide atau gagasan kreatif . bahkan untuk mendapatkan sebuah ide saja, rasanya otak ini sudah buntu. Ide dapat muncul sewaktu-waktu, kapanpun, dimanapun. Oleh karena itu, jangan biarkan ide brilian kita terlewat begitu saja! akan lebih baik kalau kita, menulis setiap gagasan baru di dalam catatan kita.

Suatu kondisi yang nyaman dan dinamis sangat dibutuhkan untuk menyuburkan lahan-lahan ide kreatif. Lingkungan yang dinamis berarti penuh dengan semangat dan tenaga untuk bergerak maju. Lingkungan dengan budaya open mind juga memberikan ruang gerak yang sehat untuk berkreasi. Ide adalah sesuatu hal yang dicetuskan untuk menyelesaikan sesuatu masalah tertentu. Sedangkan ide kreatif adalah sesuatu yang baru, yang bisa saja belum pernah dipikirkan oleh orang lain dan tentunya berguna untuk sesuatu masalah.

Salah satu contoh memanfaatkan ide kreatif kita adalah dengan memanfaatkan bakat menulis. Tahap pertama yang dapat dilakukan seorang penulis adalah menemukan gagasan atau ide tengtang apa saja yang hendak ditulis atau diteliti. Ada baiknya, setiap tulisan yang kita buat memiliki data yang cukup akurat. Cara observasi pun dapat dilakukan seorang penulis, sehinggga mampu menguatkan fakta dari tulisan tersebut.
Setelah menemukan ide, tahap kedua adalah mewujudkan ide tersebut. pada tahap ini dapat dikatakan hal yang sulit dilakukan. Karena seorang penulis harus bersifat objektif. Oleh karena itu, kegagalan sering terjadi pada tahap realisasi ini.

Ide kreatif memang tidak muncul begitu saja, kita harus memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman. Beberapa hal yang dapat memunculkan ide kreatif yaitu; Dengan membaca. Pepatah mengatakan “ Buku adalah gudang ilmu”. Hal ini sangat benar keberadaannya. Dengan membaca kita dapat menambah kosa kata dalam berbahasa. Secara tidak langsung pun kita dapat mengetahui gaya selingkung tiap penulis.

Hal kedua, kita harus rajin mengamati setiap keadaan di sekitar kita. Setiap realita yang terjadi di sekeliling kita dapat menjadi sumber informasi. Selain itu, kita juga harus banyak referensi dalam menulis. Sehingga tidak terkesan monoton.

Hal ketiga yaitu, kita harus sering berdiskusi dengan seseorang yang sudah berpenglaman dalam menulis. Misalnya, ketika ada seminar mengenai dunia tulis menulis ada baiknya, kita ikut aktif dalam berdiskusi sehingga dapat menambah wawasan dalam menulis.
Apabila, tiga hal tersebut sudah dilakukan, maka hal terakhir yang tidak boleh kita tinggalkan yaitu berdoa kepada Tuhan. Ketiga hal tersebut tidak dapat kita lakukan, jika kita tidak meminta bimbingan dari-Nya.

Demikian, beberapa hal yang perlu dilakukan dalam dunia tulis menulis. Apabila, kita memiliki bakat menulis, jangan pernah meremehkan bakat tersebut. sebaliknya, kita harus mendalaminya lebih detail. Seseorang akan berhasil tidak hanya dari bidang akademik, melainkan dari kreatifitas itu sendiri. Jika, seluruh masyarakat di Indonesia ini memahami potensi yang dimilki masing-masing individu, maka dapat dipastikan tingkat pengangguran pun akan berkurang. So, jangan takut untuk terus berkarya dan berinovasi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar